Langsung ke konten utama

Pesan Aam Gayung Bersambut

Hendra Gunawan Tarigan Caleg PDIP No Urut 10
Aam lekas mengambil henpon. Diketiknya nomor telepon yang tertera di poster sang caleg. Poster yang dipampang di akun fesbuk. Sms gayung bersambut. Sang kandidat mengontak balik. "Kita ketemu dimana? Sambil kopi darat ayo." ajakan yang diplomatis. Hati Aam kaget sekaligus dibesarkan. "Pesanku langsung dibalas, bang," ujarnya.

Sang caleg sengaja memasang nomor kontak, membuka ruang diskusi (grup) di fesbuk serta memampangkan program yang akan diusungnya nanti. Tiada satu pun posternya bisa anda temukan seliweran di pohon atau tiang listrik. Saya sudah coba mutar-mutar untuk mencari apakah ada satu pohon saja yang menjadi korban posternya? Ternyata tidak ada. Berani betul caleg satu ini menolak kampanye di pohon.

Tidak berlebihan kandidat yang satu ini. Ia berlatar belakang aktivis. Usianya muda. Tapi sejak remaja sudah menggandrungi politik. Semasa mahasiswa getol mengkritisi kebijakan kampus yang dinilai diskriminatif.

Saya ingat betul si caleg ini. Seorang pria berbadan sehat. Rambutnya halus dengan potongan belah pantat. ia kerap mengenakan jins. Secara akademik, ia lulusan fisika. Sarjana dari salah stau kampus negeri di Medan.

Di 2005, ia gigih menentang kebijakan kampus yang mematok dana penyertaan orangtua mahasiswa bagu sebesar Rp 18 juta. Ia bersama rekan aktivis maju. Membentuk barisan anti kebijakan rektor. Demo pun meletus di depan biro rektor. Baku pukul terjadi,.

Hantaman balok mengena ke badannya. tapi perjuangannya tak surut. Ia terus bersuara hingga rektor membatalkan kebijakan uang penyertaan itu menjadi Rp 500 ribu. Untuk keberaninya, ia ditawari jabatan strategis di kampus. Jadi dosen atau dapat mobil.

Tawaran itu ditampiknya mentah-mentah. Jawabnya ke pimpinan kampus, sederhana. Sangat sederhana. "Saya cuma ingin melihat adik-adik saya nanti bisa kuliah lagi di sini. Tidak macam-macam." Begitu.

Aam belum tahu sepak terjang sang caleg. Tapi ketika pesannya direspon cepat sang caleg, berdebarlah hatinya. Aam ingin sekali bisa tatap muka dengan dia. Seperti apa gerangan rupa caleg yang mendebarkan jantungnya itu. Aam tak mampu membangun gambaran apa-apa tentang sosok sang caleg. Walau ia berusaha mencoba. Hanya saja, ia merasa, kalau caleg satu ini punya sikap akomodatif untuk berdiskusi.

Beda jauh dengan si R atau J, dua caleg dari partai besar  yang sama sekali tak merespon pesan (sms) atau telpon. Sejak balasan sang caleg, Aam makin giat mempelajari profil caleg.

Aam masih muda. Ia pemilih pemula. Tapi sudah mantap hati dengan kandidat yang akan dipilihnya. Walau baru dua. Katanya, satu capres, satu lagi caleg kabupaten. Pemprov belum. Aam kini tak lagi berpikir golput. Ia punya cerita tentang satu dua kandidat yang dikontaknya. Bukan untuk kampanye tetapi bertukar pikiran tentang apa yang dialaminya.

Anda bagaimana?



Catatan, Caleg yang dikontak Aam adalah Hendra Gunawan Tarigan. Calon legistaltif DPRD Deli Serdang dari Partai PDI-Perjuangan Nomor Urut 10. Dengan daerah pemilihan 3: Patumbak, Tanjung Morawa dan Batang Kuis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dicari Caleg Perduli Parmalim*

Banyak calon legislatif menduga komunitas Parmalim bakal golput. Tetapi Parmalim menampiknya. Dugaan itu muncul karena para caleg ternyata sama sekali tak mengenal apa itu Parmalim. Celakanya, kaum Parmalim juga tidak mengenal kandidatnya. Bagaimana nasib pemilu kita nanti? Oleh Dedy Hutajulu Desi (kanan) dan rekan-rekannya di depan Bale Parsattian (rumah ibadah Parmalim) di Jalan Air Bersih, Medan, Sabtu (8/3).--foto dedy hutajulu  DESI SIRAIT malu-malu saat lensa kamera diarahkan kepadanya. Ia memalingkan wajah. Di depan Bale Parsattian ia bercengkerama bersama teman sebaya. Bale Parsattian sebutan bagi rumah ibadah komunitas Parmalim. Bale Parsattian ini terletak di Jalan Air Bersih, Medan. Desi Sirait baru berusia 19 tahun. Ini tahun pertama baginya mengikuti pemilu. Ketika ditanya: nyoblos atau tidak? Desi tak langsung menjawab. Ia berpikir dalam-dalam. “Aku takut nanti salah ­­bicara. Jadi masalah pula bagi ugamo kami,” katanya. Desi berasal dari Pemantang

Syawal Gultom: Unimed Bagi Negeri

Oleh Dedy Hutajulu   Berkarir tinggi sampai ke Jakarta, tak membuat Syawal Gultom melupakan Unimed. Ia pulang membawa pengetahuan baru, biarKampus Hijau bisa menjadi pandu bagi negeri. Syawal Gultom LELAKI itu bangkit dari kursi. Ia tinggalkan setumpuk pekerjaan hanya demi menyambutku. Ruangan kami bertemu hanya seluas lapangan volley. Diisi banyak buku. Di tengah ruangan, ada sebuah meja dengan sofa yang disusun melingkar.Sofa itu biasa dipakai untuk menjamu paratamu.Laki-laki yang dimaksud adalah Syawal Gultom. Rektor baru Unimed.  Periode sebelumnya Syawal mengabdikan diri sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya   Manusia Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPMP) Kemendikbud, Jakarta. Di pundak Syawal saat itu dibebankan tanggung jawab berat. Ia harus menjamin desain besar mutu pendidikan di Indonesia. Seperti merpati yang ingat pulang, Syawalpun kembali ke Unimed. Mayoritas anggota Senat mendukung Syawal sebagai nahkoda Unimed. Sampai 2019 nanti, gerak Lembaga P

Belajar Kelompok dan Karakter yang Dibangunnya

Belajar berkelompok melatih beragam keterampilan, seperti tanggung jawab, solidaritas, menghargai pendapat orang dan memprediksi pertanyaan serta menyiapkan sanggahan. Oleh Dedy Hutajulu SUASANA belajar di kelas 3 SMP Negeri 42 Medan, Jalan Platina 3 Kelurahan Titipan Kecamatan Medan Deli terasa heboh. Perdebatan sedang alot-alotnya soal topik Seleksi Alam. Pelajaran Biologi pagi itu diwarnai dengan debat dan baku sanggah. Anak-anak dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan antara lima sampai enam orang. Tiap kelompok duduk dengan posisi melingkari. Baru saja Dhea Fisabila (14) tersenyum lega. Ia dan timnya baru saja kelar presentase yang diwarnai adu argumen dengan kelompok lainnya. Pengalaman itu, katanya, sangan mengesankan. Dhea mengaku, belajar berkelompok bukan sekadar mengupas topik Seleksi Alam, tetapi mempraktikkan cara memimpin rapat, bagaimana menghargai pendapat teman, belajar mengorganisir diskusi, memprediksi pertanyaan dari kelompok