Langsung ke konten utama

Winda Tak Ingin Memulung Lagi


(Analisa/dedy hutajulu) Sisa Nasi Kotak: Winda Sri Ningsih Naibaho (9) merapikan kardus-kardus sisa nasi kotak di Lapangan Merdeka, Rabu (1/5). Botot itu akan dibawa pulang ke rumahnya, ke Mandala. Anak ini sudah memulung sejak kecil demi membantu kebutuhan keluarganya.



Oleh: Dedy Hutajulu
Memulung, sudah rutinitas harian Winda Sri Ningsih Naibaho (9). Tiap pulang sekolah, putri kedua pasangan B Naibaho dan W Limbong ini memulung kertas-kertas dan plastik-plastik sebanyak-banyaknya untuk dibawa pulang ke rumah, di Jalan Kutilang, Mandala.

Rabu (1/5), Winda ditemui sedang menyortir kertas-kertas hasil pulungannya di pojok Lapangan Merdeka. Kertas-kertas dan kardus-kardus itu tiga karung besar. Winda gembira bisa mengumpulkan botot sebanyak itu.

Di tengah kegembiraan itu sesungguhnya keterpaksaan tersirat dari wajah Winda. Itu terlihat ketika dipoto, Winda malu-malu dan berupaya menghindar. Telisik punya telisik, ternyata ia memulung karena keadaan ekonomi yang memaksa.

Ia tak tega hati melihat mamanya banting tulang tiap hari memulung. Ayahnya cuma buruh di perkebunan sawit di Pekanbaru. Kiriman dari ayah tak mencukupi untuk keperluan sehari-hari. Tiga adiknya masih kecil-kecil. Bungsu masih 2,5 tahun. Karena itu, ia memilih ikut mamanya memulung.

“Kalau sudah kelas enam,” ujarnya, “aku tak mulung lagi.” Ia tak menjawab kenapa tak memulung lagi nanti.
Lantas apa cita-citamu? “Kata mama, aku harus jadi dokter. Tapi bapak ingin aku jadi polisi.” jawabnya.

Lalu dilanjutkannya, “Aku sendiri belum tahu mau jadi apa. Nggak ngerti”
Ketidaktahuan Winda pada cita-cita, lantaran pendidikan yang didapatnya di sekolah tidak mampu menolongnya untuk melihat dunia secara jernih dan terang. Sekolah gagal menanamkan harapan pada benaknya.

Di sekolah, Winda mengaku tak dapat juara. Pengetahuannya juga pas-pasan. Itu bisa dimaklumi mengingat aktivitasnya yang lebih banyak berjibaku dengan sampah-sampah dan nyaris tak punya waktu luang untuk belajar di rumah, sedang teman-teman seusianya asyik mengikui les ini itu.

Belum lagi, dari tubuhnya yang terlihat kurus-ceking tentu Winda kekurangan pasokan gizi cukup. Itu terjadi sebagai efek ekonomi yang tak berpihak pada keluarganya.

Senasib dengan dia, Monalisa (11). Teman satu sekolahnya. Mona jauh lebih kurus dari Winda. Kulitnya hitam bukti kerja kerasnya memulung diterpa terik matahari. Siswa kelas 5 SD ini juga tak berniat jadi pemulung. Keadaanlah yang memaksa.

Mona juga ikut mamanya tiap hari memulung di rel kereta api. Winda dan Mona bergaul karib bagai saudara kandung. Di jalanan mereka saling bantu tapi berkompetisi dalam tumpukan sampah.

Berhasil mengumpulkan banyak botot adalah kebahagiaan tak terperi bagi mereka. Makin banyak botot, makin lebar senyum keduanya. Hari-hari mereka jauh dari kesempatan bercengkerama dengan rekan seusianya. Tidak ada waktu untuk bermain.

Sedang rekan seusianya asyik masyuk dengan tablet dan ipod, dengan game dan tidur sore, dengan jalan-jalan dan makan-makan. Di sinilah hidup terasa tak adil.

Selain botot, rupanya kedua anak ini juga mengumpulkan makanan sisa bahkan kulit pisang. Ini untuk apa? “Makanan ternak, Bang” sahut Winda.

Rupanya, Winda dan Mona juga punya kewajiban mencari makanan buat ternak-ternak mereka. Nasi sisa ini nanti menjadi santapan enak untuk ternaknya.

Lokasi Mandala sejauh ini memang masih sentral pemeliharaan ternak berkaki empat. Masih banyak warga setempat yang bergantung hidup pada ternak.

Winda dan Mona baru segelintir. Masih banyak remaja lain yang hidup dari memulung sampah dan nasi sisa. Karena desakan ekonomi mereka terpaksa kehilangan jam-jam belajar, jam-jam tidur siang, serta waktu bermain. Dalam kondisi sepert ini, tak ada yang bisa menggaransi masa depan mereka lebih baik. Ini yang patut kita cemasi.

Mereka itu tunas-tunas bangsa. Jika tak diselamatkan, kehidupan mereka bisa-bisa akan selamanya di jalanan. Orangtuanya tak berdaya mengubah keadaan. Jalan keluarnya, pemerintah harus bergerak cepat mengintervensi kehidupan mereka.

Dan kita, yang berbelas kasih, silakan ulurkan tangan. Jika mampu urun dana, ya berilah dana. Jika tenaga atau ide silakan sumbang ide. Yang penting ada partisipasi. Sehingga puluhan bahkan ratusan “Mona dan Winda” lain terbebaskan dari jerat kepemulungan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamatkan Lapangan Merdeka Medan

Lapangan Merdeka (Vukoraido) BERKACA dari keberhasilan penyelamatan Gedung Nasional Medan, kini para sejarawan, akademisi, mahasiswa, budayawan, pengamat budaya, dan dosen serta aktivis di Medan makin merapatkan barisan. Mereka sedang mengupayakan penyelamatan Lapangan Merdeka Medan dari usaha penghancuran pihak tertentu. Gerakan ini bermaksud mendorong pemerintah agar menyelamatkan Lapangan Merdeka yang kini telah kopak-kapik sehingga merusak makna sejarah yang ada tentang kota ini. Pembangunan skybridge (jembatan layang) sekaligus city cek in dan lahan parkir di sisi timur Lapangan Merdeka, menurut Hamdani Siregar, pengamat sejarah, itu adalah bagian dari upaya penghancuran sejarah. Apalagi, ketika pembangunan tersebut malah makin memunggungi satu monumen bersejarah di Medan, yakni monumen proklamasi kemerdekaan RI. “Ini momentum bagi kita untuk bangkit melawan. Bangkit menyelamatkan Lapangan Merdeka. Karena pembangunan di situ telah merusak sejarah bangsa i...

Tabu, Mengangkat Guru Honorer di Medan

Oleh Dedy Hutajulu MENYIKAPI pernyataan Plt Wali Kota Medan Randiman Tarigan tentang rencana mengangkat jadi pegawai negeri separuh dari 3.800 total guru honorer di kota Medan, pada 2015 ini, Akademisi Unimed Dr. Irsan Rangkuti, MPd dan Spesialis Tata Kelola Guru USAID PRIORITAS Rimbananto angkat bicara. "Itu konyol, namanya," ujar Irsan Rangkuti, saat diwawancarai di kantornya Jalan Sei Tenang, Medan, Selasa (1/12). Plt Walikota Medan Randiman Tarigan Padahal, kebutuhan guru (SD dan SMP Negeri) di kota Medan cuma 6.500 orang.  Sementara guru PNS yang ada sekarang sudah 6.370 orang. Jadi hanya butuh sekitar 30 guru lagi, itupun jika semuanya yang dibutuhkan harus pegawai negeri. Tapi sekarang ada guru honorer sebanyak 1.700-an (untuk tingkat SD dan SMP), sehingga mengakibatkan guru berlebih sebanyak 1.549 orang. Kalau ditambah guru tingkat SMA totalnya sekitar 3.800 guru honorer. Pada 2013 silam, USAID PRIORITAS sudah menghitung kelebihan guru (tingkat SD dan SMP) ...